Senin, 26 Oktober 2009

Sebuah Cerita dari Daarut Tauhid -part II-

Sesungguhnya Alloh menurunkan karunia dan hidayahnya dalam berbagai cara, dengan media dan bentuk yang sangat beragam. Manusia yang penuh celah kadang tidak bisa membaca "pesan" darinya... Ada satu yang bisa gw liat dan ingat datang di saat sholat tarweh jamaah di DT Romadhon kemaren. Mungkin isinya banyak si, tapi paling enggak, ini doang yang gw bisa terima...

Ada salah satu jamaah yg (entah musti gw sebut dapet ujian ato berkah) mendapatkan sebelah kakinya tidak sempurna. Dia dengan ketidak sempurnaannya terlihat begitu gagah di mata gw saat sholat dengan bertumpu hanya pada SEBELAH KAKINYA SAJA. SubhanaLLoh... Dengan meninggalkan alat bantu jalannya yg berupa tongkat di sebelah tempatnya duduk dan memanjatkan dzikir di antara sholat isya-sholat tarweh, dia NGELAKSANAIN SEMUA DERETAN SHOLAT SUNNAH DAN WAJIB!

Kepala langsung tertunduk, hati serasa mengkeret, sementara otak masi mikir ngalor ngidul... Minder gw dibuatnya. Malu! Gw yg masih diberikan nikmat sehat, dengan segala fasilitas titipan-Nya kalah sama yang dikasih (sekali lagi, gw gatau ini ujian ato karunia) kekurangan dunia.

Gw yg masih nge-hang langsung clingak-clinguk... Ngeliat kanan-kiri gw... Gw liat sebelah-sebelah gw, ada yg uda berumur di atas setengah abad, yang bela-belain dateng make angkot (dan mungkin) dari tempat yg lebih jauh dari kosan gw (dan mungkin lagi) dengan usaha yg jauh lebih keras dari yg gw keluarin... Ya Alloh... Selama ini gw udah banyak menyia-nyiakan nikmat-Nya. Masa muda gw, masa sehat gw, masa mampu gw BUANYAK gw pake untuk yg enggak-enggak. Gw akuin beberapa malah ngebuat gw makin jauh, bahkan mendatangkan murka-Nya.

Tangan ini, kaki ini, mata ini, mulut ini, telinga ini, badan ini, uda gw bawa kemana aja yah? Uda gw pake untuk apa aja yah? Sudahkah gw bersyukur untuk semuanya? Seberapa banyak syukur itu keluar dari diri gw, secara lisan maupun perbuatan?

"Sungguh, manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yg berman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran." (Q.S. 103:2-3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar