Kamis, 29 Oktober 2009

Dosa yang Paling Sulit Untuk Dihindari...

Sebuah pernyataan kecil datang dari seorang teman di sebuah kesempatan chatting sore itu. Pernyataan yang meminta gw untuk mengakui dosa masa lalu gw di masa kelam yg pernah gw lalui, dan terkadang menghantui gw terus sampe detik ini.

Terus terang sulit untuk menuliskan aib sendiri di sini, pun gatau apa gunanya membuat pengakuan di sini, tapi ga masalah juga si, toh gw ga make identitas asli yang bisa dilacak... :p
Dosa yang paling berat gw hindari adalah dosa dari lawan jenis. Ya, dosa yang sering disebut zinah, maksiat, dll itu masi merupakan musuh terbesar gw sampe saat ini. Beragam cara uda gw lakuin untuk ngobatinnya sampai saat ini, salah satunya puasa. Tapi ya namanya setan, gimanapun masih aja ni nafsu yg juga dipanggil "birahi" masih aja dateng terus!

“Sungguh beruntung orang-orang yang beriman, (yaitu) orang yang khusyuk dalam sholatnya, dam orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tidak berguna, dan orang yang menuaikan zakat, dan orang yang menjaga kemaluannya kecuali terhadap istri-istri atau hamba-hamba sahaya yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka tidak tercela. Tetapi barang siapa mencari dibalik itu (zina dan sebagainya), maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. ” (Q.S. 23:1-7)

Jujur, sampe sekarang yang namanya birahi masih suka nggak kekontrol. Tapi, gw punya beberapa cara untuk ngendaliinnya. Beberapa konyol, tapi layak coba...
1. Ngilangin stok bokep!
Entah darimanapun sumbernya, mending dijauhin aja deh... Beneran dah, mitos "buat ngilangin stres dan birahi saat ketemu lawan jenis" nggak bener! Klo nonton yg beginian, bukan ilang nafsunya, yg ada malah jadi contoh n motivasi!!! Tambah lagi, ini ga ada gunanya, ngabisin waktu dan bisa ngerusak jadwal ibadah kita! Lagian juga dosa, karena nonton aurat orang yg bukan muhrim di sono!

2. Enggak kenal cewe dulu deh...
Nah ini yg agak sulit... Menurut pengalaman gw, saat kita menjauh dari cewe yg ada bukan makin jauh, malah cewe makin penasaran ama kita. Lepas dari yg satu, dateng yg lain... Jujur ini sempet ngebuat gw kegirangan karena nganggep harga jual di pasaran naik, tapi setelah dipikir-pikir, sebenernya ini ujian yg makin sulit dihadapin! Daripada puyeng, mending ngejauh dulu dari deket sama lawan jenis! Mending tahan dulu sampe udah jadi muhrimnya dan halal, baru dah jejumpalitan lagi... Pan uda ditulis di al-qur'an:
“Dan orang-orang yang tidak mampu menikah hendaklah menjaga kesucian (dirinya), sampai Alloh memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya.” (Q.S.24:33)

3. Jaga pandangan mata!
Nah, yang ini lebih sulit lagi... Emang si, bisa aja kita bilang, "Cuma mengagumi hasil karya ciptaannya kok... " Wah, tapi kadang ini cuma alibi kosong semata... Yang ada kalo ngeliat yg mulus, kita jadi pengen ndeketin, abis itu kenalan, terus ngobrol, terus mulai deh dikendaliin ama yg namanya nafsu...
Ada tips gendeng ala gw mengenai yg satu ini, pake kacamata gelap! Nah, ini cukup ngebantu... Terutama saat naik kendaraan di waktu malam. Mereka-mereka yg mulus tidak nampak jelas, dan terlihat sebagai objek manusia semata, sama ama yg lainnya, datar... (sebenernya yg lebih efektif dan masuk akal, menundukkan kepala sih... Tapi kalo lagi nyetir kan rada2 ribet tuh... Eh, tapi klo nggak lagi nyetir, menundukkan pandangan lebih efisien ketimbang musti make kacamata gelap kemana-mana. Bisa salah sangka orang2 ama kita...)

4. Isi waktu dengan kegiatan yg berguna
Nah, yg ini yg terbaik nih... "Daripada waktu luang untuk mikirin yg enggak-enggak, mending dipake untuk yg iya-iya... "
Nah lo, gimana tuh?
Begini maksud saya...
Banyak sekali kegiatan positip yg ada, seperti tadarusan, dengerin tausiah2 agama, ibadah2 sunah, dll. Kan lumayan bisa dipake sebagai alat tobat juga tuh... Bisa juga kegiatan yg nggak ada hubungannya ama agama, seperti olah raga, nulis blog, main sepeda downhill, ngegame, main RC, nonton, wisata kuliner, karokean(bersama teman-teman loh... Sukur-sukur yg berkelamin sejenis saja!), dll. Intinya buat pikiranlu fokus ama hal lain di luar urusan kelamin melulu...

Gw ga pernah bilang ini gampang, bahkan jujur gw juga sering kebobolan. Tapi paling enggak cara-caara ini bisa setidaknya meminimalisir sampai datangnya jodoh kita yg sudah ditentukan-Nya. Kalo kata film serial yg gw tonton mah begini:
"I know that you're tired of waiting, and you may have to wait a little while more... But she's on her way, Ted, And she's getting here as fast as she can..."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar