Sabtu, 24 Oktober 2009

Gadis Converse -part I-

" I don't see what anyone can see from anyone else...
But you... " -OST.Juno

Terngiang kembali isi seminar eterpreneur di UPI kemaren. Bagaimana ketebalan mental, konsistensi niat, dan ketajaman intuisi yg harus dimiliki seorang pengusaha untuk menuju kesuksesan... Tapi yg paling bikin semriwing hati bukan itu... Melainkan si sepatu converse yg masi menimbulkan senyum simpul simpel di ujung bibir ketika mengingatnya kembali, bahkan saat mengetik tulisan ini.

Ya, si gadis converse, begitu gw memanggilnya saat ini. Sang gadis yg gw temui di sebuah seminar karena bangku gw di sesi pertama seminar diisi orang dan menyebabkan gw pindah bangku. Di bangku sesi II inilah gw ketemu si gadis converse. Pas gw clingak-clinguk nyari tempat kosong, ada satu tempat PW ngannggur di sebelah gadis converse itu. Gw langsung duduk di situ pas tau nggak ada yg make tu bangku. Awalnya gw ga sadar gimana si gadis converse itu bakal menarik hati gw. Yg gw inget Cuma sepatunya aja, karena pas nanya bangkunya kosong ato nggak, gw masi nunduk... Nah, pas seminar mulai ngebosenin n gw mulai ngemut permen karet, baru deh gw sadar...

Semua berawal dari permen karet. Nggak enak karena gw mo ngemut permen sendirian, gw nawarin dia. Si gadis converse dengan lembut menolak (paling enggak ini yg kebayang, nggak tau dah klo dia sebenernya nolak dengan dongkol...). Itu sesi pertama lirikan gw ke mukanya yg paling gw inget. Dia manis banget! Meratiin mukanya yg agak bulet namun masih dalam batas toleransi, bisa ditebak umurnya paling enggak 2 tahun lebih muda dari gw. Diliat dari tangannya yang mulus dan kukunya yg terawat, sepintas keliatan kalo dia bukan cewek yg sembarangan ngerawat badan. Meratiin sepatu converse putih dengan tali kuning-pink dan pilihan baju yg dia pake, kebaca kalo dia cewe yg modis. Namun yg ngebuat dia paling bersinar di hari itu nggak sampe sana doang...

Acara seminar terus berlanjut. Ada satu momen di mana kita nunggu sang pembicara hadir (kebetulan doi telat, mc pun ngisi waktu kosong dengan ngebanyol di panggung). Nah, pas mc acara ngeluarin jurus lawakan yg ngebuat satu ruangan ketawa ngakak, gw makin kepincut ama si gadis converse...

Si gadis converse ikutan ketawa. Nah, kekaguman gw bertambah saat ngeliat cara dia ketawa. Tawanya terlihat lepas, rileks, nampak dia sangat menikmati jokes yg dilempar si mc, tapi... Wow! Nggak kaya kebanyakan cewe jaman sekarang, dia nutupin bibirnya yg asik ketawa kecil dengan tangannya. Beuh... Rontok ni hati rasanya. Melihat muka manisnya dihiasi bibir tipis yg ketarik ke atas dan mengangkat pipi bulat proporsionalnya yg putih mulus ngebuat gw berharap dengan sangat dia jodoh gw! Sebuah dampak hati yg sangat bisa diterima logika. Saat melihat lawan jenis dengan tipe idaman, muncullah perasaan yg menimbulkan efek bunga berguguran ala film Laskar Pelangi produksi mbak Mira lesmana. Sebuah perasaan yg dinamai para musisi pop zaman sekarang sebagai "cinta". Dengan penuh harapan, gw mulai berdoa, "Ya Alloh... bila dia yg terbaik untukku,jadikanlah dia halal bagikiu..."

***

Sebuah hidayah datang hari ini. Di ke esokan hari pasca seminar UPI. Hari di mana gw mengetik tulisan ini. Munculnya di wc pas gw sakit perut akibat kopi-madu kocok racikan rahasia gw...

Di tengah jongkok penuh berkah itu gw teringat sebuah ... Jodoh di tangan tuhan. Dia-lah Sang Khalik, Yang Maha Mencipta. Dia-lah Yang Maha Tahu mana yg terbaik buat gw. Cepet-cepet dah gw beranjak dari wc (setelah selesai membersihkan diri tentunya...) dan langsung istigfar...

AstagfiruLLoh...

Selama ini gw selalu aja dikuasai nafsu. Melalui mata yg sangat lemah ini, setan ngebimbing gw, sang makhluk penuh celah yg bodoh. Gw takabur. Dengan hati yg gelap kadang gw berdoa, berharap bahwa cewe ini, cewe itu adalah yg terbaik buat gw... Sebuah harapan yg sebenarnya dan terkadang berisi percobaan mengatur kehendaknya. Kehendak dari Sang Qoodir, Yang Maha Memutuskan segala sesuatunya. Bukankah seharusnya Dia Yang Maha Tahu? Dia Yang Maha Memutuskan? Dia Yang Maha Memiliki Kehendak?

Sesungguhnya hanya Dia-lah Yang Maha Memberi Petunjuk... Dia Yang Maha Memiliki Kehendak... Dia Yang Maha Tahu... Apakah pantas kita, manusia yang sungguh kecil pengetahuannya ini menuntun kehendak-Nya, meminta padanya apa yg terbaik, dengan arahan kita? Wah, puyeng gw jadinya... Mending istikhoroh aja lah, meohon petunjuk-Nya... Memohon bimbingannya... Gw yg cuma seorang manusia mah penuh dengan kecacatan. Mending mencoba ikhlas, belajar menerima semuanya dan menunggu takdirnya sambel berusaha mencari ke-ridho-an-Nya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar